Loading
X
Selamat Datang di Portal Resmi Kecamatan Gondang Bojonegoro © 2014
Rencana Strategis Kecamatan Gondang

 

BAB  I

PENDAHULUAN

1.1      LATAR BELAKANG

Rencana Strategis (RENSTRA) Kecamatan Gondang Tahun 2013 – 2018 disusun untuk penjabaran Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kabupaten Bojonegoro Tahun 2013 – 2018 dalam rangka pengintegrasian Perencanaan Pembangunan di Kabupaten Bojonegoro yang di susun oleh masing-masing Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD). Penyusunan ini mengacu pada VISI MISI dan Program Kecamatan Gondang sehingga terjamin adanya konsistensi dan sinkronisasi dengan dokumen perencanaan pembangunan yang lebih tinggi dengan memperhatikan pada kondisi dan potensi Kecamatan Gondang.

Didalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kabupaten Bojonegoro tahun 2013 – 2018 memuat sasaran sasaran pokok yang harus di capai, arah kebijakan program-program pembangunan dan kegiatan pokok pembangunan daerah pada kurun waktu lima tahun mendatang. Berdasarkan Renstra Kabupaten Bojonegoro tahun 2013 – 2018 maka Program Kecamatan Gondang dapat diketahui, yang mana akan di implementasikan kedalam kebijakan- kebijakan dan program-program yang akan dijabarkan lebih lanjut

 

1.2     MAKSUD DAN TUJUAN PENYUSUNAN RENSTRA

1.2.1 MAKSUD :

Rencana Strategis (RESTRA) Kecamatan Gondang tahun 2013 – 2018  disusun  dengan maksud untuk memberikan arah terhadap kebijakan – kebijakan dan program-program SKPD yang merupakan penjabaran dari RPJMD Kabupaten Bojonegoro.

1.2.2 T U J U A N :

Sedangkan Tujuan Penyusunan Rencana Strategis (RENSTRA) Kecamatan Gondang tahun 2013 - 2018 dalam kurun waktu 5 (Lima) tahun mendatang sejalan dengan Visi, Misi dan Program Kecamatan Gondang

1.3     LANDASAN HUKUM:

Landasan hukum penyusunan Rencana Strategis (RENSTRA) Kecamatan Gondang tahun 2013 – 2018 adalah :

  1. Undang-undang Nomor 25 Tahun 2004 tetang Sistim Perencanaan Pembangunan Nasional
  2. Undang-undang Nomor 32 Tahun 2004 tentang Pemerintahan Daerah
  3. Undang-undang Nomor 33 Tahun 2004 tentang Perimbangan Keuangan Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah
  4. Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 7 Tahun 2005 tentang Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional Tahun 2004-2009
  5. Undang-undang Nomor 25 Tahun 2000 tentang Kewenangan Pemerintah dan Pemerintah Propinsi sebagai Daerah Otonom
  6. Peraturan Pemerintah Nomor 8 Tahun 2008 tetang Tahapan Penyusunan, Pengendalian dan Evaluasi Pelaksanaan Rencana Pembangunan Daerah
  7. Peraturan Daerah Kabupaten Bojonegoro Nomor 9 Tahun 2008 tentang Organisasi dan tata kerja Kecamatan dan Kelurahan Kabupaten Bojonegoro
  8. Peraturan Bupati Bojonegoro Nomor 29 Tahun 2009 tentang Tugas Pokok dan Fungsi Kecamatan dan Kelurahan di Kabupaten Bojonegoro

 

1.4      SISTEMATIKA PENULISAN :

BAB.  I       Pendahuluan, berisi Latar belakang, Maksud dan Tujuan Penyusunan Renstra, Landasan Hukum Penyusunan Renstra, Sistematika Penyusunan Renstra

BAB. II    Gambaran   Pelayanan SKPD     berisi Tupoksi, Pelayanan yang diberikan untuk mencapai Tupoksi, Keterkaitan pelayanan yang diberikan di SKPD.

BAB. III      Isue Strategis

                 Berisi isue Internal SKPDyangmeliputi Sumber Daya Manusia, anggaran dan sarana prasarana,  dan  Isue- isue Ekternalyang meliputiperekonomi dan Kondisi Sosial  Budaya Masyarakat.

BAB. IV     Visi, Misi,   Tujuan dan Sasaran,    Strategis dan Kebijakan berisi Visi, Misi, Tujuan dan Sasaran, Strategi, Kebijakan

BAB. V    Rencana    Program, Kegiatan dan Pendanaan berisi Rencana Program, Kegiatan, Kelompok sasaran, Pendanaan

BAB. VI  Indikator Kinerja SKPD berisi Tujuan dan sasaran dalam RPJMD, Indikator Kinerja dari setiap sasaran, cara mengukur indikator

BAB. VII     Penutup

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

BAB.  II

GAMBARAN PELAYANAN SKPD

 

Penataan susunan organisasi Kecamatan diatur dalam Peraturan daerah Kabupaten Bojonegoro Nomor 9 tahun 2008 tentang organisasi dan tata kerja  Kecamatan dan Kelurahan Pemerintah Kabupaten Bojonegoro,  terdiri dari :

  1. Camat
  2. Sekretaris Kecamatan
    1. Sub. Bagian Umum dan Kepegawaian
    2. Sub. Bagian Keuangan
    3. Sub. Bagian Program dan Laporan
    4. Seksi Pemerintahan
    5. Seksi Pemberdayaan Masyarakat dan Desa
    6. Seksi Kesejahteraan Rakyat
    7. Seksi Pelayanan Umum
    8. Seksi Ketentraman, Ketertiban dan Perlindungan Masyarakat
    9. Kelompok Jabatan Fungsional

Berdasarkan Peraturan Daerah Kabupaten Bojonegoro dimaksud, Kecamatan merupakan wilayah kerja Camat sebagai Perangkat Daerah Kabupaten, berkedudukan dibawah dan bertanggung jawab kepada Bupati melalui Sekretaris Daerah.

Dalam penyelenggaraan pemerintahan, pembangunan dan pelayanan masyarakat, Kecamatan Gondang membawahi 7 Desa yaitu :

  1. Desa Gondang
  2. Desa Senganten
  3. Desa Sambongrejo
  4. Desa Jari
  5. Desa Pragelan
  6. Desa Krondonan
  7. Desa Pajeng

 2.1   Tugas Pokok dan Fungsi

 C A M A T

  1. a.    Tugas :

Camat mempunyai tugas melaksanakan pelimpahan sebagian kewenangan Bupati dalam penyelenggaraan Pemerintahn, Pembangunan dan Pelayanan Masyarakat di Kecamatan sesuai ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

  1. b.    Fungsi :

Untuk melaksanakan tugasnya, Camat mempunyai fungsi :

  1. a.    Pelaksanaan kebijakan Pemerintah Daerah Kabupaten di Kecamatan;
  2. b.    Penyiapan informasi mengenai Kecamatan yang dibutuhkan dalam perumusan kebijakan  bagi Bupati,
  3. c.    Pelaksanaan koordinasi dengan instansi vertikal yang ada di Kecamatan;
  4. d.    Pengkoordinasian kegiatan-kegiatan penyelenggaraan pelayanan Lintas Kelurahan/ Desa
  5. e.    Pelaksanaan fungsi-fungsi lain yang diberikan oleh Bupati sesuai bidang tugasnya.

c.    Kewenangan

Camat memiliki kewenangan pemerintahan yang dilimpahkan oleh Bupati untuk menangani sebagaian urusan otonomi daerah yang meliputi aspek :

  1. Perizinan
  2. Rekomendasi
  3. Koordinasi
  4. Pembinaan
  5. Pengewasan
  6. Fasilitasi
  7. Penetapan
  8. Penyelenggaraan dan
  9. Kewenangan lain yang dilimpahkan

SEKRETARIS KECAMATAN

  1. a.    Tugas :
    1. Sekretariat kecamatan adalah unsur staf yang dipimpin oleh Sekretaris yang berkedudukan di bawah dan bertanggung jawab kepada Camat.
    2. Sekretaris kecamatan bertugas membantu Camat dalam melaksanakan tugasnya dan memberikan pelayanan teknis administratif kepada seluruh perangkat Kecamatan.
    3. b.    Fungsi :

Untuk menyelenggarakan tugasnya tersebut, Sekretaris kecamatan mempunyai fungsi :

  1. Penyiapan bahan koordinasi dan pengendalian rencana program kerja ;
  2. Penghimpunan, pengelolaan, penilaian dan penyimpanan laporan kinerja;
  3. Penyusunan bahan data dalam rangka pembinaan teknis fungsional;
  4. Penyusunan, penginventarisasian dan pengkoordinasian data dalam rangka penatausahaan;
  5. Pelaksanaan urusan umum, kepegawaian, keuangan, program dan laporan;
  6. Pengkoordinasian kegiatan UPTD/ UPTB di wilayah kerjanya;
  7. Pelaksanaan fungsi‑fungsi lain yang diberikan oleh Camat sesuai. bidang tugasnya.
  1. c.    Sekretariat Kecamatan terdiri dari:
    1. Sub Bagian Umum dan Kepegawaian;
    2. Sub Bagian Keuangan;
    3. Sub Bagian Program dan Laporan;
  1. d.    Masing-masing Sub Bagian dipimpin oleh seorang Kepala Sub Bagian yang berada di bawah dan bertanggung jawab kepada Sekretaris Kecamatan.
    1. 1.    Sub Bagian Umum dan Kepegawaian;

1)    Kepala Sub Bagian Umum dan Kepegawaian mempunyai tugas memberikan pelayanan administratif urusan umum dan urusan kepegawaian.

2)    Untuk melaksanakan tugas ini, Kepala Sub Bagian Umum dan Kepegawaian mempunyai fungsi;

  1. Pengelolaan urusan perlengkapan dan rumah tangga;
  2. Pengelolaan urusan tata usaha surat menyurat dan kearsipan.
  3. Pengelolaan tata usaha kepegawaian yang meliputi pengumpulan data pegawai, buku induk pegawai, mutasi, pengangkatan, kenaikan pangkat, pembinaan karir dan pensiun pegawai;
  4. Penyusunan informasi dan perencanaan pegawai;
  5. Penyusunan administrasi serta evaluasi kepegawaian;
  6. Penyelenggaraan usaha peningkatan mutu pengetahuan dan disiplin pegawai;
  7. Pelaksanaan fungsi‑fungsi lain yang diberikan oleh Sekretaris sesuai dengan bidang tugasnya.
  1. 2.    Sub Bagian Keuangan;

1)    Kepala Sub Bagian Keuangan mempunyai tugas memberikan pelayanan administrasi keuangan.

2)    Untuk melaksanakan tugas ini, Kepala Sub Bagian Keuangan mempunyai fungsi :

  1. Penghimpunan dan pengolahan bahan‑bahan untuk menyusun anggaran;
  2. Penyiapan penyusunan rancangan, anggaran pendapatan dan belania daerah;
  3. Pengelolaan tata usaha keuangan dan pembukuan realisasi anggaran pendapatan dan belanja;
  4. Pelaksanaan perhitungan anggaran dan verifikasi;
  5. Penyelenggaraan tata usaha pembayaran gaji pegawai;
  6. Pengurusan keuangan perjalanan dinas;
  7. Pelaksanaan evaluasi dan menyusun laporan di bidang keuangan;
  8. Pelaksanaan fungsi‑fungsi lain yang diberikan oleh Sekretaris sesuai dengan bidang tugasnya.
  1. 3.    Sub Bagian program dan laporan;

1)    Kepala Sub Bagian Program dan Laporan mempunyai tugas pelayanan administratif dalam menyiapkan bahan penyusunan, penghimpunan, pengolahan, penyimpanan, evaluasi program dan laporan.

2)    Untuk melaksanakan tugas ini, Kepala Sub Bagian Program dan Laporan mempunyai fungsi:

  1. Pengumpulan dan pengadaan sistematisasi data untuk bahan penyusunan program;
  2. Pengumpulan dan penyajian data statistik;
  3. Perumusan dan pelaksanaan penyusunan rencana program;,
  4. Pengelolaan, inventarisasi, pengkajian, clan analisis pelaporan;
  5. Penginventarisasian hasil pengawasan clan Undak lanjut hasil pengawasan;
  6. Penyelenggaraan kerjasama pengawasan;
  7. Pelaksanaan analisis dan evaluasi serta pengendalian petaksanaan program dan proyek;
  8. Penghimpunan dan pengadaan sistematisasi data dan menyusun dokumentasi peraturan perundang‑undangan dan hasil pembangunan;
  9. Pelaksanaan penyiapan bahan pembinaan organisasi dan tata laksana;
  10. Pelaksanaan  fungsi‑fungsi lain yang diberikan oleh Sekretaris sesuai dengan bidang tugasnya.

 

SEKSI PEMERINTAHAN

  1. a.    Tugas :

Seksi Pemerintahan mempunyai tugas melakukan urusan pemerintahan umum dan Desa/Kelurahan serta administrasi kependudukan

  1. b.    Fungsi :.

Untuk melaksanakan tugas ini, Kepala Seksi Pemerintahan mempunyai fungsi:

  1. Penyusunan Program dan Pembinaan penyelenggaraan Pemerintahan Umum dan Desa 1 Kelurahan;
  2. Penyusunan program, pembinaan administrasi kependudukan dan catatan sipil;
  3. Fasilitasi penataan Desal Kelurahan dan penyusunan Peraturan Desa;
  4. Fasifitasi penyelenggaraan kerjasama antar desa dan penyelesaian perselisihan antar Desa/ Kelurahan;
  5. Fasifitasi penyelenggaraan pemilihan Kepala Desa dan Badan Permusyawaratan Desa;
  6. Pelaksanaan penilaian atas laporan pertanggungjawaban Kepala Desa;
  7. Pembantuan terhadap pelaksanaan pembebasan tanah milik dan pelepasan hak yang akan dipergunakan untuk kepentingan pembangunan, serta peralihan status tanah dari tanah negara menjadi hak milik sesuai dengan ketentuan peraturan perundang‑undangan;
  8. Pengawasan atas tanah‑tanah negara dan tanah asset pemerintah daerah di wilayah kerjanya;
  9. Pembantuan dalarn hal penetapan peruntukan proses pengalihan dan perubahan status tanah kekayaan Desa serta pengalihan status tanah kekayaan Desa yang berubah menjadi Kelurahan;
  10. Monitoring dan inventarisasi terhadap setiap kegiatan yang berkaitan dengan penggunaan tanah teriantar, tanah negara bebas, dan tanah timbul di wilayah kerjanya;
  11. Pelaksanaan fungsi‑fungsi lain yang diberikan oleh Camat sesuai dengan bidang tugasnya.

 

SEKSI PEMBERDAYAAN MASYARAKAT

  1. a.    Tugas;

1)    Seksi Pemberdayaan Masyarakat  mempunyai tugas melakukan pembinaan pembangunan di bidang perekonomian desalkelurahan, produksi dan distribusi serta pembinaan.lingkungan hidup

  1. b.    Fungsi;

Untuk melaksanakan tugas ini, Kepala Seksi Pemberdayaw Masyarakat mempunyai fungsi :

  1. Penyusunan program dan pemberdayaan perekonomian masyarakat Desa/ Kelurahan, produksi dan distribusi;
  2. Perumusan, perencanaan, dan pengembangan pembangunan Desal Kelurahan;
  3. Pengkoordinasian dan mengakumulasi Proyek Masuk Desal Kelurahan;
  4. Pengkoordinasian, pembinaan dan pengawasan serta pelaporan langkah‑langkah penanggulangan terjadinya pencemaran dan kerusakan lingkungan;
  5. Pelaksanaan pencegahan atas pengambilan Sumber Daya Alam tanpa ijin dan dapat mengganggu serta membahayakan lingkungan hidup;
  6. Pendataan Potensi Desa/ Kelurahan;
  7. Pembinaan Kelembagaan Desa/ Kelurahan;
  8. Sosialisasi clan monitoring pembangunan Desa/ Kelurahan;
  9. Fasilitasi Pengembangan Swadaya Masyarakat . dalam pembangunan;
  10. Pelaksanaan fungsi‑fungsi lain yang diberikan oleh Camat sesuai dengan bidang tugasnya.

 

SEKSI KESEJAHTERAAN RAKYAT

  1. a.    Tugas

Seksi Kesejahteraan Rakyat  mempunyai tugas mengkoordinasikan penyusunan program dan melaksanakan pemberdayaan kesejahteraan sosial.

  1. b.    Fungsi

Untuk melaksanakan tugas ini, Kepalla Seksi Keseiahteraan Rakyat mempunyai fungsi:

  1. Penyusunan Program bantuan sosial, pemberdayaan kepemudaan, peranan wanita dan olahraga;
  2. Penyusunan program dan pemberdayaan kehidupan
  3. keagamaan, pendidikan, kebudayaan dan kesehatan masyarakat;
  4. Fasilitasi penyelenggaraan sarana pendidikan dan pelayanan kesehatan;
  5. Pengkoordinasian,        Pembinaan dan pengembangan ketenagakerjaan dan perburuhan;
  6. Penanggulangan dan pengkoordinasian masalah sosial;
  7. Pengevaluasian, monitoring clan melaporkan kondisi sembako di Desa/ Kelurahan;
  8. Pelaksanaan fungsi‑fungsi lain yang diberikan oleh Camat sesuai dengan bidang tugasnya.

 

SEKSI PELAYANAN UMUM

  1. a.    Tugas;

Seksi Pelayanan Umum mempunyai tugas melakukan urusan pelayanan umum yang meliputi kekayaan clan inventarisasi Desa/ Kelurahan, kebersihan serta sarana dan prasarana umum

  1. b.    Fungsi;

Untuk melaksanakan tugas ini, Kepala Seksi Pelayanan Umum mempunyai fungsi :

  1. Penyusunan program dan penyelenggaraan pembinaan pelayanan kekayaan dan inventarisasi Desal Kelurahan;
  2. Penyusunan program dan penyelenggaraan pemberdayaan
  3. kebershan, keindahan, pertamanan dan sanitasi lingkungan;
  4. Penyusunan program dan penyelenggaraan pemeliharaansarana dan prasarana fisik pelayanan umum;
  5. Pelaksanaan pelayanan perijinan;
  6. Penginventarisasian usaha yang memiliki perijinan;
  7. Pelaksanaan fungsi‑fungsi lain yang diberikan oleh Camat sesuai dengan bidang tugasnya.

 

SEKSI KETENTRAMAN, KETERTIBAN

DAN PERLINDUNGAN MASYARAKAT

  1. a.    fungsi

Seksi Ketentraman, Ketertiban dan Pedindungan Masyarakat mempunyai tugas melakukan pemberdayaan ketentraman, ketertiban umum dan pedindungan masyarakat;

  1. b.    Tugas;

Untuk melaksanakan tugas ini, Kepala Seksi Ketentraman, Ketertiban dan Perlindungan Masyarakat mempunyai fungsi :

  1. Pelaksanaan stabilitas ketentraman clan ketertiban masyarakat di Kecamatan;
  2. Pengkoordinasian dengan instansi vertikal dan satuan polisi pamong praja dalam melaksanakan ketentraman, ketertiban umum dan perlindungan masyarakat;
  3. Pelaksanaan patroli di wilayah kecamatan terutama daerah rawan bencana;
  4. Penyusunan program, pembinaan, ideologi negara dan kesatuan bangsa;
  5. Penjagaan asset kecamatan;
  6. Pencegahan dan penanggulangan penyalahgunaan obat, narkotika, psikotropika, zat adiktif dan bahan berbahaya;
  7. Pencegahan dan penanggulangan bencana alam dan pengungsi;
  8. Pembinaan ketentraman, ketertiban, dan pedindungan masyarakat;
  9. Pelaksanaan fungsi‑fungsi lain yang diberikan oleh Camat sesuai dengan bidang tugasnya.

 

KELOMPOK JABATAN FUNGSIONAL

  1. Kelompok jabatan fungsional mempunyai tugas melakukan sebagian  tugas teknis Kecamatan sesuai dengan bidang keahlian dan kebutuhan.
  2. Kelompok jabatan fungsional terdiri atas sejumlah pegawai dalam jenjang jabatan Fungsional  yang terbagi dalam berbagai kelompok sesuai dengan bidang keahliannya.
  3. Kelompok jabatan fungsional ditentukan berdasarkan kebutuhan dan beban kerja
  4. Jenis jabatan fungsional diatur sesuai Peraturan Perundang-undangan yang berlaku.
  5. Pembinaan terhadap tenaga fungsional dilakukan sesuai dengan peartuaran Perundang-undangan yang berlaku..
  6. Tenaga Fungsional dalam melaksanakan tugasnya bertanggung jawab kepada Camat.

 

                                      Pelayanan Yang Diberikan Untuk Mencapai Tupoksi

Pelayanan yang diberikan kepada masyarakat Kecamatan Gondang antara lain adalah :

  1. Pelayanan informasi
  2. Pelayanan PPAT
  3. Pelayanan KTP
  4. Pelayanan Rekomendasi  Perijinan
  5. Pelayanan ketentraman dan ketertiban
  6. Pelayanan legalisasi surat

2.3  Keterkaitan Pelayanan Yang Diberikan SKPD

Keterkaitan dengan pelayanan, Berdasarkan Renstra tahun 2009 – 2013 dalam melaksanakan kegiatan pemerintahan, pembangunan dan pelayanan masyarakat, kecamatan Gondang selalu memberdayakan masyarakat dengan tujuan agar segala aktifitas yang ada pada wilayah kecamatan Gondang berjalan lebih baik dan lebih maju.

 

BAB  III

ISUE STRATEGIS

 

3.1 ISUE INTERNAL

Ditinjau dari sumber daya manusia dalam penyelenggaraan Pemerintahan, Pembangunan dan Pelayanan masyarakat, Kecamatan Gondang dipimpin oleh seorang Camat dengan dibantu seorang Sekretaris Kecamatan, lima orang Kepala Seksi, tiga orang Kepala Sub Bagian dan 12 (dua belas) orang staf. Dari sejumlah 22 (dua puluh dua) orang personil tersebut memiliki jenjang pendidikan yang berlainan, yaitu sebagai berikut:

-          S2                   : 1        orang

-          S1                   : 5        orang

-          D3                   : 0        orang

-          SLTA              :16     orang

-          SLTP              : 0        orang

Sedangkan bila ditinjau dari status kepegawaian, personil Kecamatan Gondang yang berstatus sebagai PNS sebanyak 18 (delapan belas) orang, sejumlah 2 (dua) orang masih berstatus sebagai tenaga sukwan dan 2 (dua) orang Satpol PP sebagai tenaga kontrak.

Dari uraian tersebut diatas, maka guna meningkatkan pengetahuan, ketrampilan dan profesionalisme diperlukan adanya tambahan pendidikan non formal seperti mengikuti kursus ataupun diklat, baik itu diklat-diklat structural maupun diklat-diklat fungsional.

Selanjutnya apabila ditinjau dari segi anggaran, maka dalam melaksanakan segala kegiatan Pemerintahan, Pembangunan dan Pelayanan masyarakat, tentunya tidak terlepas adannya dukungan anggaran yang tersedia dalam APBD Kabupaten Bojonegoro sehingga program kerja dan kegiatan-kegiatan yang direncanakan dapat dilaksanakan sesuai denagan sasaran yang akan di capai.

Sedangkan dari segi sarana dan prasarana yang ada di Kantor Kecamatan Gondang, maka dapat dikatakan bahwa sarana dan prasarana yang ada masih cukup baik akan tetapi kurang memadai dikarenakan sejak diberlakukannya Peraturan Pemerintah nomor. 41 tahun 2007 tentang Organisasi  Perangkat daerah telah terjadi penambahan jumlah jabatan structural dan juga jumlah volume kegiatan yang semakin meningkat.

 

3.2 ISUE EKSTERNAL

Ditinjau dari bidang perekonomian, masyarakat di Wilayah Kecamatan Gondang dalam rangka meningkatkan perekonomian atau pendapatannya sebagian besar masih mengandalkan dari sector pertanian dan peternakan.

Dalam rangka pengembangan pertanian yang diarahkan pada peningkatan produktivitas pertanian dilakukan dengan cara intensifikasi dan ekstersifikasi lahan maupun produk-produk pertanian, sedang dari sektor peternakan dilakukan dengan cara mempercepat pertumbuhan kuantitas jumlah sapi dan kambing yang tentunya juga kuantitas ternak lainnya sehingga akan meningkatkan keuntungan atau pendapatan  masyarakat.

Selanjutnya bila dilihat dari kondisi sosial budaya, masyarakat Kecamatan Gondang selama ini hidup dalam suasana harmonis , kondusif dan saling gotong royong sehingga mudah untuk menerima atau mengadopsi suatu perubahan kearah kebaikan yang pada akhirnya dapat mendukung program-program pembangunan yang akan dilaksanakan.

Adapun kondisi yang terkadang menggangu ataupun berpotensi menjadi ancaman adalah adannya  sikap fanatik terhadap agama yang dianut ataupun adannya sikap fanatik terhadap perkumpulan perguruan pencak silat. Namun hal tersebut dapat dibina dan diminimalisir selagi tidak menjadi ancaman yang serius,

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

BAB.  IV

VISI, MISI, TUJUAN, SASARAN, STRATEGI DAN KEBIJAKAN

 

4.  1.    V I S I                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                

Visi merupakan cara pandang jauh kedepan kemana suatu organisasi dalam hal Instansi pemerintah harus dibawa agar tetap eksis, antisipatif dan inovatif sehingga memeiliki gambaran yang menantang tentang keadaan masa depan yang di inginkan oleh organisasi.

Dalam rangka keberhasilan melaksanakan tugas dan fungsinya yang di emban, Kecamatan Gondang menetapkan Visi “ TERWUJUDNYA MASYARAKAT GONDANG YANG MAJU, SEJAHTERA DAN BERDAYA SAING “

 

  1. 4.    2.   MISI

Misi merupakan sesuatu yang harus dilaksanakan agar tujuan organisasi dapat terlaksana dan berhasil dengan baik sesuai dengan visi yang di tetapkan. Dengan demikian visi dapat terwujud apabila setiap instansi pemerintah mempunyai misi yang jelas sehingga pada gilirannya dapat menyelaraskan dengan potensi, peluang dan kendala yang dihadapi.

Misi Kecamatan Gondang merupakan penjabaran dan inplementasi dari visi yang telah di tetapkan, yaitu :

  1. Peningkatan kinerja aparatur pemerintah kecamatan dan desa yang professional, responsive, efektif dan inovatif
  2. Peningkatkan kualitas hidup masyarakat yang berwawasan lingkungan.
  3. Mewujudkan pertumbuhan ekonomi, sosial dan budaya

 

4.   3.   TUJUAN DAN SASARAN

4.3.1  TUJUAN

Visi dan Misi Kecamatan Gondang hanya dapat diwujudkan apabila seluruh komponen organisasi mampu mencapai tujuan yang menjadi komitmen bersama. Adapun tujuan yang ditetapkan oleh Kantor Kecamatan Gondang sebagai penjabaran Visi dan Misi yang ingin dicapai adalah sebagai beikut:

  1. Meningkatkan kulitas pelayanan publik secara menyeluruh.
  2. Meningkatkan kualitas lingkungan dan pemukiman yang didukung kesadaran dan partisipasi masyarakat.
  3. Meningkatkan pemanfaatan sumber daya ekonomi, social dan budaya yang didukung prilaku masyarakat yang kondusif.

 

4.3.2    SASARAN

Untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan tersebut. Maka sasaran yang harus dicapai pada masing-masing tujuan adalah sebagai berikut:

  1. Meningkatkan kualitas pelayanan public secara menyeluruh
  2. Meningkatnya kompetensi aparatur pemerintah yang mengarah pada profesional.
  3. Meningkatnya ketentraman dan ketertiban dengan dukungan seluruh stake holder
  4. Meningkatkan kualitas lingkungan dan pemukiman yang didukung kesadaran dan partisipasi masyarakat
    1. Meningkatnya kualitas lingkungan hidup
    2. Meningkatnya kualitas pemukiman yang didukung partisipasi masyarakat
    3. Minigkatkan pemanfaatan sumber daya ekonomi, social dan budaya yang didukung perilaku masyarakat yang kondusif
      1. Meningkatnya aktivitas usaha kecil dan koprasi dengan peran serta pengusaha di wilayah Kecamatan Gondang.
      2. Meningkatnya patisipasi dan kesetiakawanan social dalam bermasyarakat.
      3. Meningkatnya partisipasi perempuan dalam pembangunan.

 

4. 4    STRTEGI DAN KEBIJAKAN

Strategi adalah cara untuk mencapai atau merealisasikan tujuan dan sasaran yang telah ditetapkan. Strategi juga merupakan rencana yang menyeluruh dan terpadu mengenai upaya-upaya organisasi yang meliputi penetapan kebijakan dan program.

Adapun strategi secara keseluruhan yang meliputi kebijakan dan program dapat dilihat sebagaimana tabel pada halaman berikutnya.

 

 

 

 

 

 

BAB.  V

 

RENCANA PROGRAM, KEGIATAN DAN PENDANAAN

 

 

5. 1.     RENCANA PROGRAM

Rencana program yang telah ditetapkan Kantor Kecamatan Gondang adalah sebagai berikut:

  1. Program pengembangan aparatur Kecamatan.
  2. Program peningkatan pelayanan public
  3. Program peningkatan ketentraman dan ketertiban lingkungan.
  4. Program penataan lingkungan Kecamatan.
  5. Program pengembangan dan pengendalian lingkungan hidup.
  6. Program pengembangan usaha kecil.
  7. Program pembinaan kegiatan social kemasyarakatan.

 

5. 2.    KEGIATAN

Untuk menetapkan rencana program yang telah ditetapkan kantor Kecamatan Gondang mempunyai kegiatan sebagai berikut:

  1. Pengembangan dan pembinaan aparatur Kecamatan dan Desa.
  2. Memberikan pelayanan public disegala bidang.
  3. Pembinaan dan koordinasi dalam bidang ketentraman dan ketertiban.
  4. Pemeliharaan peralatan gedung Kantor Kecamatan dan Kantor Kepala Desa.
  5. Mengadakan penghijauan disekitar pemukiman
  6. Mengadakan kegiatan sanitasi yang baik bagi masyarakat.
  7. Pembinaan BUMDes, Usaha ekonomi mikro.
  8. Pembinaan kegiatan social dan keagamaan.
  9. Pembinaan dan pengembangan PKK.

 

5. 3.    KELOMPOK SASARAN

Yang menjadi kelompok sasaran dalam program kegiatan kantor Kecamatan Gondang adalah masyarakat umum dan khususnya masyarakat Kecamatan Gondang serta seluruh aparatur kantor Kecamatan dan Pemerintah Desa.

 

 

 

 

 

5. 4.    PENDANAAN                                                                                                                       

Pendanaan yang diperlukan dalam setiap kegiatan pemerintahan, pembangunan dan pelayanan masyarakat  disesuaikan dengan plafon anggaran yang talah ditetapkan oleh Pemerintah Kabupaten Bojonegoro kepada masing-masing Satuan Kerja Perangkat Daerah yang tertuang dalam APBD Kabupten Bojonegoro.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

BAB.  VI

INDIKATOR KINERJA SKPD

Indikator Kinerja Kantor Kecamatan Gondang yang berisikan tujuan, sasaran dan strategi yang ingin dicapai sebagai penjabaran Visi dan Misi, tertuang dalam tabel dibawah ini:

1

2

3

4

5

6

 

TUJUAN

SASARAN

CARA MENCAPAI TUJUAN

KET

 

URAIAN

INDIKATOR

KEBIJAKAN

PROGRAM

 

Meningkatkan kualitas pelayanan publik secara menyeluruh 

Meningkat nya         kompetensi aparatur pemerintah yang mengarah pada profesional

Jumlah SDM terampil meningkat secara kualitas

Kebijakan meningkatkan kinerja Pemerintah Kecamatan Gondang yang profesional, responsif, efektif dan inovatif

Program Pengembangn Aparautr Kecamatan

 

 

Terlaksana pelayanan yang murah, cepat tepat dan akuntabel.

Ada pelayanan dan bantuan dibidang ekonomi, sosial, kemasyarakatan

 

Program Peningkatan Pelayanan Publik

 

 

Sarana kerja dan penunnjang kerja meningkat dan terpelihara

 

 

Terwujudnya ketrentaman dan ketertiban lingkungan dengan dukungan Stake holder

Peningkatan pelaksanaan regulasi di Kecamatan

Program Peningkatan Ketentraman dan Ketertiban Lingkungan.

 

 

Meningkatnya intensitas penertiban lingkungan

 

 

Meningkatkan kualitas lingkungan dan pemukiman yang didukung keadaran dan partisipasi masyarakat

 

 

 

 

 

 

 

Meningkatnya kualitas lingkungan yang didukung partisipasi masyarakat.

Ada bantuan dan intensitas penataan sarana dan prasarana umum dan sosial di lingkungan pemukiman.

Kebijakan meningkatkan kesadaran dan partisipasi masyarakat dalam menata dan memelihara lingkungan  dan pemukiman

 

 

 

 

 

Program Penataan Lingkungan Kecamatan

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Meningkatnya kualitas lingkungan hidup.

 

 

 

 

 

 

Jumlah kegiatan pelestarian dan pemeliharaan ruang terbuka hijau meningkat

 

Program Pengembangan dan Pengendalian Lingkungan Hidup.

 

 

 

Ada kegiatan pengawasan dan pengendalian lingkungan hidup

 

 

Meningkatkan pemanfaatan sumber daya ekonomi,  sosial dan budaya yang didukung prilaku masyarakat yang kondusif.

 

 

 

Meningkatnya aktivitas usaha kecil dan koprasi dengan peran serta pengusaha di wilayah kerja Kecamatan.

Jumlah usaha kecil yang berjalan baik.

Ada bantuan dana bergulir kepada usaha kecil.

Kebijakan mengembangkan pemanfaatan sumber daya ekonomi dan sosial untuk meningkatkan indeks Pembangunan manusia di Kecamatan Gondang

Program Pengembangan Usaha Kecil.

 

 

 

Meningkatnya partisipasi dan kesetia kawanan sosial dalam kegiatan sosial kemasyarakatan

Jumlah dan jenis kegiatan sosial masyarakat meningkat.

Warga berpartisipasi bertambah.

Kegiatan rophani meningkat dan meluas.

 

Program Pembinaan Sosial Kemasyarakatan.

 

 

 

Meningkatnya partisipasi perempuan dalam pembangunan.

Semakin banyak warga perempuan yang berpartisipasi dalamkegiatan PKK.

 

Program pembinaan dan pengembangan PKK

 

 

           

 

 

 

 

 

 

 

BAB.  VII

P E N U T U P

 

Rencana strategis (RENSTRA) Kecamatan Gondang tahun 2013 – 2018 merupakan pedoman dalam penyusunan Rencana Kecamatan Gondang yang berpedoman pada Rancana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kabupaten Bojonegoro

Diharapkan dengan Rencana Strategis (RENSTRA) Kecamatan Gondang Tahun 2013 – 2018 akan tercipta keselarasan kebijakan yang tercantum dalam kerangka regulasi dan kerangka pendanaan yang bersifat Indikatif selama lima tahun kedepan sejalan dengan VISI MISI dan PROGRAM Kecamatan Gondang dan hendaknya dapat dilaksanakan dengan konsisten, jujur, trasparan, partisipatif, penuh tanggung jawab dan merupakan pedoman bagi Dinas, Instansi dalam menyusun Program – program Kerja Tahunan khususnya dalam Wilayah Kecamatan Gondang

Renstra ini juga menjadi pedoman dalam pelaksanaan Evaluasi pencapaian kinerja tahunan dan lima tahunan yang terwujud dalam bentuk laporan Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah Kecamatan Gondang, sehingga diharapkan dapat dicapai hasil perencanaan yang lebih optimal untuk kegiatan tahunan serta lima tahunan yang akan datang yang tentunya tetap menyesuaikan dengan kondisi di masa mendatang.

Harapan kami semoga Rencana Strategis Kecamatan Gondang ini bermanfaat bagi Pemerintah Kabupaten Bojonegoro serta Pemerintah Kecamatan Gondang pada khususnya dalam upaya meningkatkan pelayanan kepada masyarakat yang bermuara kepada upaya-upaya peningkatan kesejahteraan masyarakat dan peningkatan partisipasi aktif masyarakat dalam mensukseskan pembangunan di Kabupaten Bojonegoro

 

 

 

                              

 

 

 

 

Rencana Strategis Kecamatan Gondang Tahun 2013 - 2018