A.    LATAR BELAKANG DAN PERMASALAHAN MUNCULNYA INOVASI GONDANG SABTU MENANAM (GSM)

Kecamatan Gondang adalah Kecamatan di wilayah selatan Kabupaten Bojonegoro yang kondisi fisik letak geografisnya merupakan dataran tinggi pegunungan, persawahan, perladangan dan hutan.Wilayah yang secara geografis terasa ekstrem tersebut membuat kami sebagai Aparatur Pemerintah tertarik dan prihatin karena kondisi beberapa Desa yang sulit dijangkau. Kami bersama komunitas motor trail yang ada di Kecamatan Gondang dan beberapa unsur masyarakat mencoba menjelajahi dan menginventarisasi wilayah, langkah tersebut tidak hanya sekedar ngetrail sebagai kegiatan olahraga tapi juga upaya kami untuk melihat lebih dekat keadaan sosial ekonomi masyarakat dan kondisi nyata alam di wilayah Kecamatan Gondang.

Dari rute perjalanan yang telah kami tempuh dengan mengendarai trail di berbagai medan dan melintasi wilayah tersulit di wilayah pedesaan pinggiran hutan di Kecamatan Gondang, banyak hal yang ditemui mulai dari kondisi sosial ekonomi masyarakat dan keadaan lingkungan/alam  yangharus mendapatkan perhatian dari Pemerintah dan kita semua, mengendarai motor Trail bersama berbagai unsur masyarakat membuat banyak sekali inspirasidan inovasi yang di tampung dari masyarakat. Berikut ini hasil inventarisasi wilayah yang kami pandang cukup penting untuk di selesaikan :

1. Kecamatan Gondang memiliki potensi agrowisata yang layak untuk di kembangkan

Agrowisata merupakan bagian dari obyek kepariwisataan yang memanfaatkan usaha pertanian (agro) sebagai obyek utama. Kegiatan agrowisata bertujuan memperluas wawasan pengetahuan, pengalaman, rekreasi, dan hubungan usaha di bidang pertanian yang meliputi tanaman pangan, holtikultura, perkebunan, perikanan dan peternakan yang didukung leh kehutanan dan sumber daya pertanian.Pengembangan agrowisata pada hakikatnya merupakan upaya terhadap pemanfaatan potensi atraksi wisata pertanian.

2. Sebagian wilayah hutan dan lingkungan di Kecamatan Gondang telah mengalami kerusakan, maka perlu di lestarikan kembali.

Hutan merupakan unsur penting dalam kehidupan manusia dan sekitarnya, namun ironisnya saat ini di Kecamatan Gondang muncul permasalahan lingkungan hidup yang sudah sangat kompleks. Permasalahan yang ada mulai dari ketersedian air bersih, sanitasi, berkurangnya ruang terbuka hijau sampai hilangnya fungsi hutan sebagai penahan air dan tanah sehingga seringkali menyebabkan terjadinya bencana alam di wilayah kami seperti banjir bandang dan tanah longsor.Oleh karena itu diperlukan adanya upaya penghijauan dengan gerakan penanaman pohon.Penghijauan merupakan salah satu usaha penataaan lingkungan denganmenggunakan tanaman sebagai materi pokoknya.Perlu diketahui beberapa manfaat penghijauan, yaitu;

-       Pohon memiliki beberapabentuk tajuk yang khas, sehingga menciptakan keindahan tersendiri. Oleh karenaitu, apabila di susun secara berkelompok dengan jenis yang sama padamasing-masing kelompok dapat menciptakan keindahan atau suasana yang nyaman.

-       Akar pohon dan tanah merupakan satu kesatuan yang kuat, sehingga mampu mencegah erosi ataupengikisan tanah.

-       Dalam hal ini dimaksudkan bahwa tanaman pada dasarnya akan menyerap air hujan. Dengan demikian,banyaknya kelompok pohon-pohon akan menjadikan daerah sebagai daerah persediaanair tanah yang dapat memenuhi kehidupan bagi manusia dan makhluk lainnya.

-       Dengan banyaknya pohon,akan menurunkan suhu setempat, sehingga udara sekitarnya akan menjadi sejuk dan nyaman. Maka, kehadiran kelompok pohon-pohon pelindung sangat besar artinya.

-       Ini manfaat dalam kaitantempat hidup binatang. Dilingkungan yang penuh dengan pohon, satwa akan hidup dengan tenang karena lingkungan demikian memang sangat mendukung.

-       Lingkungan yang baik adalah seimbang antara struktur buatan manusia dan struktur alam. Kelompokpohon atau tanaman, air, dan binatang adalah bagian dari alam yang dapatmemberikan keseimbangan lingkungan.

Berawal dari itu semua, upaya kami untuk Kecamatan Gondang ke depan yang lebih baik dan sebagai rasa peduli kita untukmenjaga kelangsungan hidup, kami bersama semua unsur masyarakat mencoba untuk memberikan beberapa gagasan dalam upaya Mengembangkan potensi wisata dan pelestarian hutan serta lingkungan hidup melalui Program inovasi GONDANG SABTU MENANAM (GSM) yangberarti Gerakan bersama sama seluruh masyarakat Kecamatan Gondang untuk menyempatkan waktu kita minimal 1 (satu) hari di saat kita lepas dari rutinitas / kesibukan kerja yaitu hari sabtu untuk menanam pohon.

Dikarenakan peran tumbuhan hijau yang sangat penting di hutan maupun di lingkungan sekitar kita dan upaya ini dapat menjadi wadah untuk menyejahterakan masyarakat. Selain itu, kesejahteraan masyarakat juga dapat dicapai melalui peran optimal Pemerintahan Daerah dengan dunia usaha, serta partisipasi masyarakat. Untuk itu kami berharap mendapat dukungan penuh dari Pemerintah Kabupaten Bojonegoro untuk memfasilitasi tercapainya tujuan kami.

B. TUJUAN

Suatu kegiatan yang dilaksanakan secara bersama sama dan konsisten suatu saat nanti akan mewujudkan suatu perubahan yang signifikan, itulah yang mendasari kami mencanangkan program inovasi GONDANG SABTU MENANAM (GSM) , kegiatan yang diharapkan dilaksanakan setiap hari Sabtu oleh Seluruh jajaran dan unsur masyarakat Kecamatan Gondang mulai dari Camat, Muspika, Asper, Perangkat desa dan warga masyarakat untuk menanam segala jenis tumbuhan dan tanaman. Kegiatan ini telah di mulai sejak awal tahun 2015.

Dalam pelaksanaan kegiatan ini diperlukan kerja sama di semua lini, maka dibentuklah kepengurusan GONDANG SABTU MENANAM (GSM) sebagai tanggung jawab masing-masing demi suksesnya program inovasi ini, ada beberapa divisi yang bertanggung jawab sebagai berikut :

  1. Divisi Pembibitan
  2. Divisi Transportasi
  3. Divisi Penyuluhan
  4. Divisi Pengawasan

Beberapa hal tersebut diatas dilaksanakan oleh GSM untuk mencapai tujuan yang ingin di capai yaitu sebagai berikut :

  1. Mengembangkan potensi agrowisata;
  2. Meningkatkan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat ;
  3. Mendorong peran serta masyarakat dalam menjaga kelestarian hutan demi kelangsungan hidup kita bersama.
  4. Mengembalikan fungsi hutan sebagaimana mestinya.

 

C.     METODE DAN MANFAAT INOVASI GONDANG SABTU MENANAM (GSM)

1.     GSM sebagai upaya pengembangan potensi agrowisata

Agrowisata merupakan bagian dari obyek kepariwisataan yang memanfaatkan usaha pertanian (agro) sebagai obyek utama. Kegiatan agrowisata bertujuan memperluas wawasan pengetahuan, pengalaman, rekreasi, dan hubungan usaha di bidang pertanian yang meliputi tanaman pangan, holtikultura, perkebunan, perikanan dan peternakan yang didukung leh kehutanan dan sumber daya pertanian.Pengembangan agrowisata pada hakikatnya merupakan upaya terhadap pemanfaatan potensi atraksi wisata pertanian. Memandang kegiatan sektor pertanian sebagai way of life dari masyarakat.Hal ini bermakna bahwa meskipun kegiatan di sektor pertanian harus dipandang sebagai kegiatan bisnis, namun tidak dapat dipungkiri bahwa kegiatan di sektor pertanian pada dasarnya masih merupakan bagian dari budaya dari kehidupan masyarakat Kecamatan Gondang.

Upaya kami yang memanfaatkan potensi sumber daya alam lokal dan melibatkan masyarakat dapat berfungsi sebagai pemberdayaan masyarakat. Pemberdayaan masyarakat tersebut dilakukan dengan mengikutsertakan peran dan aspirasi masyarakat selaras dengan pendayagunaan potensi sumber daya alam dan sumber daya manusia yang dimiliki. Oleh karena itu, perlu adanya dukungan pembinaan dari Pemerintah Daerah secara berkesinambungan agar potensi yang dimiliki daerah kami tersebut dapat digali secara optimal dan berkelanjutan sehingga dapat memberikan hasil maksimal bagi petani, masyarakat desa, pengusaha dan menjadi sumber pendapatan yang diandalkan.

Kehidupan masyarakat pedesaan di wilayah kami pada hakikatnya masih memiliki sifat gotong royong yang mendalam, ini dibuktikan bahwa dalam kehidupannya selalu dibarengi dengan berbagai upaya yang dapat menghasilkan bekal, bagi kelangsungan hidup. Pertanian adalah salah satu usaha yang sejak lama dan turun temurun, menjadi bagian mata pencaharian masyarakat di pedesaan, usaha pertanian telah membentuk pola hidup masyarakat tidak hanya sekedar mengolah ladang, kebun, persawahan, dan hutan, bertenak dan memburu kayu di hutan tetapi apa yang mereka kerjakan dengan tanpa disadari telah membentuk satu daya tarik bagi orang lain yang melihatnya. Misalnya seorang petani yang membajak sawah dengan menggunakan kerbau sebagai binatang penghela bajak, telah memberikan nuansa tradisi budaya masyarakat yang bagi orang lain menjadi daya tarik.

Rencana kami ke depan melalui Program inovasi GONDANG SABTU MENANAM (GSM) akan berupaya mewujudkan kawasan agrowisata one village one product/commodity (satu desa satu produk/komoditas) yang tersentral.Masing masing Desa di wilayah kami akan mempunyai satu produk unggulan di bidang sayuran, buah buahan atau tanaman jenis tertentu, misalnya :

  1. Desa Pajeng                  : Sentra Bawang merah
  2. Desa Sambongrejo        : Sentra Sukun/cengkeh
  3. Desa Krondonan          : Sentra Buah durian/cengkeh/rambutan
  4. Desa Senganten            : Sentra Buah Alpukat
  5. Desa Jari                       : Sentra Buah mangga
  6. Desa Gondang              : Sentra Buah Klengkeng
  7. Desa Pragelan               : Sentra Buah Rambutan

Upaya pengembangan agrowisata ini dibutuhkan kerjasama sinergis diantara pelaku yang teribat dalam pengelolaan agrowisata, yaitu masyarakat, swasta dan pemerintah.

2.  GSM sebagai upaya pelestarian hutan

Tumbuhan adalah makhluk hidup yang terdiri dari organ berupa akar, batang dan daun serta mempunyai zat hijau daun yang disebut dengan klorofil. Tumbuhan hijau mampu membuat makanan sendiri dengan menyerap unsur hara yang terkandung dalam tanah, karbon dioksida di udara dan dengan bantuan sinar matahari yang dikenal dengan istilah proses fotosintesis.

Tumbuhan hijau juga mampu menjadi solusi berbagai problem iklim yang mendera bumi saat ini, seperti isu pemanasan global akibat jumlah karbon dioksida yang melebihi batas (efek rumah kaca). Pencemaran udara yang ditimbulkan oleh polutan seperti karbon dioksida dapat dikurangi dengan caramenggalakkan reboisasi dan meningkatkan penghijauan lingkungan sekitar.

Bencana alam yang seringkali terjadi di wilayah kami seperti banjir bandang dan tanah longsor itupun juga sebagai dampak hutan kita telah kehilangan fungsinya, karena pohon pohon dan tumbuhan hijau yang semestinya berfungsi sebagai penahan air dan tanah dari hari ke hari semakin berkurang, oleh sebab itu GSM bersama seluruh unsur masyarakat bekerjasama dengan Asisten Perhutani di wilayah kami terus menggalakkan reboisasi dan penghijauan sebagai upaya meminimalisir terjadinya bencana alam.

Perlu diketahui beberapa manfaat tumbuhan hijau khususnya bagi manusia dan alam adalah sebagai berikut.

  1. Tumbuhan hijau berperan sebagai paru-paru dunia. Tumbuhan yang mengandung klorofil menghasilkan gas oksigen yang mempunyai peran vital dalam proses pernafasan manusia dan hewan.
  2. Tumbuhan hijau berfungsi sebagai stabilisator lingkungan. Keberadaan tumbuhan hijau di lingkungan sekitar dapat menciptakan suasana yang segar, nyaman dan sejuk.
  3. Tumbuhan hijau merupakan penyeimbang alam, karena mempunyai peran yang sangat penting dalam kehidupan ekosistem.
  4. Tumbuhan hijau juga berfungsi sebagai tempat berlindung bagi kondisi alam yang kurang baik seperti angin kencang, terik matahari yang menyengat, hujan, serta debu dan polusi.
  5. Tumbuhan hijau merupakan sumber estetika atau keindahan.
  6. Tumbuhan hijau adalah salah satu faktor penjaga kesehatan.

 

Langkah-Langkah GSM dalam Mewujudkan Upaya Reboisasi dan Penghijauan

Langkah-Langkah Reboisasi

Luas lahan hutan di Kecamatan Gondang terus berkurang setiap tahun akibat terjadi banyaknya penebangan liar, aktivitas pertambangan dan perladangan berpindah.

Kondisi hutan yang rusak dapat menyebabkan berkurangnya kemampuan bumi untuk mengubah karbon dioksida menjadi oksigen.Selain itu, hutan yang kehilangan sebagian besar vegetasinya dapat menyebabkan erosi yang terjadi terus-menerus sehingga tanah kehilangan kesuburannya.Kerusakan hutan juga menyebabkan ketidakseimbangan alam dan hewan kehilangan habitatnya.

Reboisasi diperlukan dalam upaya mengatasi kerusakan hutan. Dengan dilakukannya reboisasi, hutan akan kembali mendapatkan vegetasinya, menciptakan kondisi udara yang sejuk serta mencegah berbagai dampak buruk yang ditimbulkan oleh kerusakan hutan.

Langkah yang telah kami tempuh : Revitalisasi sumber air di Dusun Kenongorejo Desa Sambongrejo dengan menanam pohon di wilayah hutan Kenongorejo.

Langkah-Langkah Penghijauan

Selain di hutan, tumbuhan hijau juga mempunyai peran yang sangat penting di luar kawasan hutan.Tumbuhan hijau sebagai produsen utama oksigen dibutuhkan di lingkungan sekitar kita.Tumbuhan hijau selain berperan dalam kehidupan dan kesehatan lingkungan secara fisik, juga berperan dalam estetika dan kesehatan jiwa.

Untuk menangani krisis lingkungan terutama di perkotaan, maka diperlukan perencanaan dan penanaman tumbuhan hijau untuk penghijauan secara konseptual.Penghijauan dilakukan untuk memulihkan, memelihara dan meningkatkan kondisi lahan agar dapat berproduksi dan berfungsi secara optimal, baik sebagai pengatur tata air atau pelindung lingkungan. 

Berikut ini adalah beberapa langkah GSM dalam mewujudkan upaya penghijauan.

  1. Bersama sama seluruh masyarakat kita memanfaatkan lahan yang ada untuk ditanami dengan tumbuhan hijau, misalnya tanaman hias, tanaman obat dan tanaman berkulit keras melalui program KSBP ( Kebun Sehat Bergizi Posyandu ) yang telah dicanangkan oleh Pemerintah Kabupaten Bojonegoro.
  2. Penanaman bibit pohon mahoni sebanyak 1.200 bibit di sepanjang jalan di Dusun Bladogan Desa Pragelan bersama warga dan aparat desa setempat.
  3. Penghijauan di lingkungan sekolah sekolah melalui gerakan GSM yaitu gerakan sekolah cinta lingkungan, dengan kondisi udara yang sejuk, nyaman dan segar di lingkungan sekolah dapat mengoptimalkan proses belajar mengajar siswa. Penerapan penghijauan lingkungan sekitar telah diterapkan kepada siswa sejak dini demi terwujudnya generasi yang peduli terhadap lingkungan. Sekolah adalah tempat yang tepat untuk menerapkan pentingnya penghijauan kepada siswa selain di rumah.
  4. Disiplin membuang sampah pada tempatnya dapat mendukung upaya penghijauan. Lingkungan yang telah kita tanami oleh tumbuh-tumbuhan hijau tentunya tidak boleh tercemari oleh limbah maupun sampah, karena dapat menimbulkan pemandangan yang tidak sedap. Kepedulian masyarakat sangat dibutuhkan dalam masalah ini.

Kaitan antara Reboisasi dan Penghijauan dengan Kesejahteraan Masyarakat

Masyarakat dapat menikmati berbagai manfaat dari reboisasi dan penghijauan seperti yang telah disebutkan sebelumnya.Kesejahteraan masyarakat berkaitan dengan kondisi yang nyaman, baik, sejahtera dan terpenuhinya segala kebutuhan.Hal-hal yang berkaitan dengan kesejahteraan masyarakat tersebut dapat didapatkan melalui pelaksanaan reboisasi dan penghijauan.

Wilayah Kecamatan Gondang mempunyai sebuah aset yang tak ternilai harganya, yakni tanah yang subur.Menanami tanah subur dengan berbagai vegetasi bernilai ekonomis disertai dengan pengolahan yang tepat oleh sumber daya manusia yang baik dapat meningkatkan produksi dalam negeri yang tentunya dapat menjadi sumber kesejahteraan masyarakat.

Melalui Program inovasi GONDANG SABTU MENANAM (GSM) ini ,Reboisasi dan penghijauan adalah dua langkah yang tepat dalam mewujudkan kesejahteraan masyarakat. Kesejahteraan masyarakat tidak dapat dicapai apabila masyarakat tidak mengoptimalkan potensi di lingkungan sekitarnya.Tumbuhan hijau di sekitar kita merupakan salah satu potensi yang dapat mendatangkan banyak manfaat apabila kita mengolahnya secara tepat.Oleh karena itu, peningkatan kualitas sumber daya manusia juga sangat diperlukan dalam mengolah lingkungan hidup demi tercapainya kesejahteraan masyarakat.

 

KESIMPULAN

Pengembangan dan pembangunan pertanian melalui sektor agrowisata dirasa mampu untuk mengembalikan eksistensi Kecamatan Gondang apabila program ini dijalankan dengan struktur dan manajemen yang baik. Saat ini sektor pertanian masih memegang peranan penting karena sebagian besar pendudukdi wilayah kami adalah petani. Hal ini menunjukkan bahwa bidang pertanian sesungguhnya paling potensial dalam menyerap tenaga kerja. Persoalannya adalah bagaimana membuat pasar tenaga kerja pertanian tersebut diisi oleh orang-orang yang benar-benar potensial, mempunyai visi dan instink bisnis yang kuat sehingga dapat menggerakkan investasi besar di bidang pertanian.

Tumbuhan mempunyai peran yang sangat vital dalam kehidupan manusia. Lingkungan sekitar yang gersang tanpa ditumbuhi vegetasi akan menyebabkan kondisi udara menjadi tidak nyaman. Selain itu, hilangnya vegetasi di hutan juga dapat menyebabkan berbagai dampak buruk bagi manusia.

Oleh karena itu, Program inovasi GONDANG SABTU MENANAM (GSM) ini sebagai upaya peningkatan ekonomi sosial masyarakat dan pelestarian lingkungan hidup sehingga dapat terwujud masyarakat Gondang khususnya dan masyarakat Kabupaten Bojonegoro umumnya yang sehat, produktif dan bahagiasebagaimana Visi Pemerintah Kabupaten Bojonegoro saat ini.

 HARAPAN

Berdasarkan kesimpulan di atas, kami berharap:

  1. Mewujudkan Pemilayahan komoditas ( one village one product/comodity yang berarti satu desa satu product/komoditas ) ;
  2. Mewujudkankesadaran masyarakat akan pentingnya tumbuhan hijau sebagai produsen oksigen terbesar di planet bumi dan sebagai penjaga kelangsungan hidup manusia.

Upaya ini dibutuhkan kerjasama sinergis diantara pelaku yang teribat dalam GSM , yaitu masyarakat, swasta dan pemerintah yang saling mendukung.

Demikian sekilas profil SKPD Kecamatan Gondang dalam rangka penilaian program inovasi SKPD award yang dapat kami sampaikan dan mohon arahan yang lebih baik demi suksesnya kegiatan ini.


By Admin
Dibuat tanggal 25-03-2015
2079 Dilihat