Bangunan Cek Dam Rondomori senilai Rp1.3 Miliar, Di Desa Sambongrejo, Kecamata. Gondang, Bojonegoro, yang ambrol ini disebabkan oleh gerusan kuat banjir bandang yang terjadi beberapa kali secara terus menerus, sehingga tembok bangunan jebol.

Sebelumnya diberitakan bahwa Cek dam Rondo Mori yang dibangun dengan anggaran senilai Rp1,3 Milyard di Desa Sambongrejo Kecamatan Gondang ambrol dalam waktu semalam. Ambrolnya cek dam tersebut akibat luberan air yang menggerus kanan kiri bangunan saat hujan deras turun. Warga baru mengetahui cek dam ambrol pada pagi harinya setelah semalam hujan deras turun. Akibatnya rencana pengairan lahan pertanian seluas 423 Hektar di tiga desa gagal terlaksana.

Semula saat proses pembangunan cek dam warga sekitar sudah memberikan masukan ke pihak kontraktor, namun saran tersebut diabaikan hingga kejadian bangunan tak tahan lama. Warga sekitar berharap ambrolnya cek dam tersebut segera mendapatkan penanganan sebab bangunan tersebut sangat vital bagi warga.


Selama ini jika terjadi banjir diwilayah teraebut, saluran air Rondomori tidak berfungsi dan tertimbun lumpur serta bebatuan, sehingga perlu dibuatkan pengaman agar aliran air tetap normal dan dapat dimanfaatkan untuk air bersih dan pertanian.

Melihat kejadian tersebut, Pihak Kecamatan bersama Pemerintah Desa langsung terjun ke lokasi, menginventarisir kondisi kerusakan dan segera malaporkannya ke Dinas Pekerjaan Umum untuk segera ditangani


By Admin
Dibuat tanggal 25-04-2016
966 Dilihat