Kabupaten Bojonegoro sebenarnya tidak hanya terkenal dengan Kabupaten penghasil minyak , Namun banyak sekali potensi wisata yang belum banyak diketahui namun layak dikembangkan. 3 wisata besar yang umumnya diketahui warga Bojonegoro,yaitu Pemandian Tirtawana Dander, Wisata Khayangan Api, dan Waduk Pacal Bojonegoro. Ketiga wisata ini sudah banyak yang mengetahuinya, namun animo masyarakat sudah mulai meredup karena banyak lokasi wisata di Kabupaten lain yang lebih dikenal oleh warga Bojonegoro. Baru baru ini Bapak Bupati Bojonegoro telah giat mengembangkan sektor wisata, antara lain Bendungan Gerak yang berada di Kecamatan Kalitidu dan Trucuk, dan tentu saja wisata kebun blimbing yang jadi andalan dan maskot Bojonegoro di Desa Ngringinrejo Kecamatan Kalitidu.

Namun ternyata kawasan Selatan Kabupaten Bojonegoro juga banyak menyimpan potensi wisata alami, tepatnya di Kecamatan Gondang. Kecamatan yang berbatasan langsung dengan Kabupaten Nganjuk ini sebagian besar wilayahnya adalah pegunungan, Indahnya alam dan asrinya pegunungan membuat siapapun betah disini. Berikut ini sebagian potret alam Kecamatan Gondang yang layak di kembangkan menjadi kawasan wisata Bojonegoro :

SUMBER AIR HANGAT “ Banyu kuning
 

Sumber Mata Air hangat yang terletak di Dusun Jomblang Jati Desa Krondonan, Kec Gondang. Nah, sumber mata airnya dikenal warga sekitar dengan sebutan “ banyu kuning “. Debit air yang tinggi, kandungan belerang lumayan, di tambah terletak di lereng gunung Pandan yang masih lumayan hijau dan asri lestari. Tidak banyak yang tahu tempat tersebut, pasalnya perlu usaha ekstra keras untuk menuju lokasi 'Banyu Kuning' itu. Selain jalan menuju ke obyek yang berbukit, jalan setapak berbatu harus dilalui. Sementara, kendaraan roda dua belum bisa menjangkau ke lokasi. Apalagi,  saat musim penghujan seperti sekarang ini, jalannya sangat licin.

Namun, itu semua terbayar setelah sampai di sumber air  hangat banyu kuning itu. Sebab, para pendatang akan disuguhkan pemandangan alam yang asri dan indah. Selain bukit tinggi dan dikelilingi batu besar. Ada dua pancuran air hangat, yang keluar secara alami dari tebing berbatu itu dan rasanya asin. Airnya dipercaya berkhasiat menyembuhkan penyakit gatal.

Kalau mau ke sini gimana caranya?

Dari arah Klino, ke timur sekitar 6 km, terdapat pertigaan pertama, ambil jalan beraspal ke arah nganjuk (selatan). Sekitar 100meter dari pertigaan, ada jalan setapak ke kiri (timur). Ikuti jalan itu, 200 meter akan nyampai di objek wisata ini.

 

  1. AIR TERJUN KRONDONAN “ Kedung gupit
 

Air Terjun yang terletak di Desa Krondonan Kec. Gondang Bojonegoro. Air terjun tersebut biasa dikenal oleh warga sekitar dengan sebutan “ air terjun kedung gupit “. Akses untuk menuju kesana memang lumayan jauh karena melewati hutan jati dan jalan setapak. Namun semua perjalanan itu akan terbayar dengan kepuasan keindahan alamnya yang mempesona. Di balik lereng berbatu. Suasana asri alam yang hijau, gemericik air di bebatuan sungai, memberi ketenangan batin. Sungguh suasana yang tepat untuk melepas penat dan letih. Hamparan pegunungan yang tinggi menjulang cukup membunuh rasa lelah, udara yang sejuk, dan sawah yang hijau, serta gemercik air sungguh sangat menggoda untuk diabadikan.

Berikut ini rute lokasi air terjun kedung gupit :

  1. Dari kota kearah selatan menuju kecamatan Gondang kurang lebih 38 km.
  2. Setelah sampai di pertigaan betek arah nganjuk (belok kiri) segera ambil jalur lurus mengikuti jalan aspal sampai Kantor Kecamatan Gondang kurang lebih 7 km.
  3. Dari Kantor Kecamatan terus ke selatan menaiki pegunungan dan melewati hutan, akan ada 2 jalan bercabang, ke kiri menuju Kec. Sekar, kita ambil jalur jalan yang kanan.
  4. Lurus terus mengikuti jalan setapak hingga menemukan sekolah SMP 2 Krondonan di kiri jalan.
  5. Tempatnya tepat dibelakang SMP 2 Krondonan, namun tidak bisa diakses menggunakan kendaraan, harus berjalan sekitar 1,5 km dari titik.
  6. Minta petunjuk warga sekitar untuk memberitahukan arah Air Terjun

** Sedikit tips untuk yang ingin kesana, sebaiknya menyiapkan kondisi fisik yang prima, serta alas kaki gunung (saran) untuk memperlancar menuju dan akses kesana. Karena jalan yang licin dan melewati sungai sungai kecil menjadi tantangan bagi pengunjung disana.

Gak nyangka kalo di Bojonegoro tepat di Kecamatan Gondang ada air terjun seindah ini, jadi gak perlu jauh jauh ke Nganjuk, Malang atau Probolinggo, cukup di Bojonegoro. Pemandangan alam yang dianugerahkan Allah SWT agar kita bersyukur masih ada tempat yang indah yang tersisa. Kami berharap kepada semua pihak terkait untuk mendukung dan mengembangkan air terjun ini agar menjadi destinasi wisata baru di Kabupaten Bojonegoro. Bojonegoro is wonderfull.


By Admin
Dibuat tanggal 27-03-2015
5481 Dilihat